Sabtu, 08 Oktober 2011

Phobia makanan pedas??

Ah, enggak begitu juga kali. Aku justru suka makanan pedas. Yeah, mungkin sifat genotip yang menurun dari ibuku. Tapi, masalahnya, perutku sensitif banget. Baru makan sedikit aja, udah bergejolak. Apalagi kalo makanan itu pedes. Arghh, bakal gak konsen pas lagi sholat. Gak enak banget pokoknya.
Mungkin ini adalah cobaan bagiku. Yang namanya nafsu itu keras kepala dan susah kompromi. Kalau si Nafsu lagi mau itu ya itu. Kudu dituruti. Kayak anak kecil khan, kalo gak dituruti ngambek ngrengek2, ato ngrayu2 biar kemauannya diturutin. Yah, itulah nafsu. Aku selalu gak bisa nahan buat makan sambel yang banyak. Padahal aku sudah tau kalo itu gak baek buat perutku. Gak cuman perutku yang terganggu, ternyata hal itu berpengaruh pada semua aktivitas kehidupanku. Gara2 perut mules, aku gak konsen sholat, pas lagi belajar bawaannya pengen ke "belakang" mlulu, dikit2 mules, dikit2 mules, mules kok dikit2 (elhoh?).
Tapi kawanku, ternyata Allah sudah memberi cara untuk mengendalikan hal itu. Coba tebak apa? Yak benar, PUASA lah jawabannya. Tapi beneran lho. Puasa ngasih banyak dampak positif ke tubuh. Contohnya aku.
Waktu puasa sunah Senin-Kamis, perutku yang sering rewel bin bawel jadi kalem bin pendiem. Aman...terkendali~ Gak ada gejolak. Whaha, senang rasanya. Ngapa2in enak, mau sholat, alhamdulillah jadi lebih khusyuk. Mau belajar jadi lebih kosen. Mau apa aja juga oke. Sip banget dah pokoknya. Kalo aku bandingin porsi belajarku pas puasa sama gak puasa di asrama, ternyata, porsi elajarku lebih banyak waktu aku puasa. Lha kok bisa? Habis kalo lagi puasa, aku jadi gak kepikiran makan, aku jadi gak nongkrong di kantin sekolah. Kalo habis makan bwaannya juga ngantuk, jadi gak konsen. Kalo lagi puasa mata jadi melek, gara2 liat jam terus. "Kapan nh bukanya?". He3x cuma bercanda.
So, kawanku, ijinkan aku menarik kesimpulan, bahwasanya puasa itu banyak manfaatnya InsyaAllah. Baca2 aja artikel tentang manfaat puasa kalo ga percaya. Toh, bagi kita kaum muslimin yang InsyaAllah dirahmati Allah puasa adalah suatu bentuk upaya pengendalian hawa nafsu kita. Sbenernya kalu ditinjiau dari hakikatnya, puasa itu gak cuman nahan hawa nafsu makan minum doang, tapi juga nafsu untuk beruat keburukan. Yah , kalian bisa renungkan sendiri.
Untuk bisa kita perlu biasakan. Agar terbiasa maka ayo kita lakukan dengan niat yang tulus dan mengharap ridho Allah SWT. :)

0 comments:

Posting Komentar